Sosialisasi Outcome Based Education

Diunggah oleh Humas FT / RGA (2014-05-28)


Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan Fakultas Teknik Universitas Indonesia, mengadakan Workshop dengan tema Outcome Based Education. Workshop diadakan pada 6 Mei 2014 bertempat di Auditorium K-301, Gedung Kuliah Bersama FTUI.

Workshop dibuka oleh PJ Rektor UI, Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis. M. Met dengan diisi beberapa pembicara diantaranya, Dr. Y. Aoshima dari JABEE/JICA dengan presentasi Why do we need Outcome Based Education; Prof. Satryo Soemantri B dari JICA/ITB dengan presentasi The philosophy of Outcome Based Education; Dr.  Dwiwahyu Sasongko, Sekretaris BAN PT, dengan presentasi Updates of DGHE and BAN-PT  regulations and dissemination actions; serta Dr. Asvial, M.Eng, Wakil Dekan FTUI dengan tema FTUI, Experiences and Accreditation in Engineering Education dan ditutup oleh Prof. Dedi Priadi, DEA, Dekan FTUI.

Outcome Based Education merupakan sebuah metode pembelajaran yang berbasis pada hasil akhir apa yang dapat siswa lakukan setelah melalui proses belajar. Metode pembelajaran ini berbasis pada kurikulum yang dipersiapkan terkait kemampuan yang diperlukan lulusan setelah menempuh pendidikan. Kurikulum program OBE haruslah komprehensif dan dinamis serta fleksibel untuk membantu siswa mencapai kemampuan yang dikehendaki. Selain itu dalam workshop ini juga dibahas tentang akreditasi dan sistem penjaminan mutu pendidikan berbasis OBE. (Humas FT)


Back to Top
Back to Home