Program Magang Mahasiswa Curtin University di Indonesia

Diunggah oleh Humas FT / RGA (2014-07-22)


4 mahasiswa Curtin University, Australia, melakukan program magang di Indonesia. Ke 4 mahasiswa Curtin tersebut adalah Aleasha Rahmadi, Alec Vukovich, Robert Keresstes, dan Madeleine Bartlett. Program magang tersebut dimulai pada 30 Juni 2014 dengan disambut Kepala Kantor Internasional UI, Junaidi, SS., MA; serta Wakil Dekan FTUI, Dr. M. Asvial, M.Eng. Dalam sambutan ini dijelaskan secara garis besar mengenai kesaharian kehidupan di Indonesia mulai dari makanan, transportasi hingga kebiasaan dan kebudayaan sehari-hari warga Indonesia.

Selama di Indonesia, para mahasiswa Curtin ini melakukan banyak kegiatan, diantaranya mengikuti beberapa mata kuliah di FTUI yaitu mata kuliah Statistik dan Probabilita dari Prof. Harinaldi dan mata kuliah Kimia Dasar oleh Prof. Sutrasno; selain itu mereka juga mengunjungi lab-lab yang ada di Departemen Teknik Mesin dan Departemen Teknik Kimia UI serta melakukan tur keliling kampus UI. Kegiatan lainnya adalah mengunjungi Rumah Keramik F. Wijayanto. Kedatangan mereka yang bertepatan dengan bulan suci Ramadhan dimanfaatkan untuk mengenal kebudayaan Indonesia di bulan Ramadhan salah satunya dengan kegiatan buka bersama yang dilakukan di kediaman Wakil Dekan I FTUI. Selain itu untuk mempelajari kebudayaan Indonesia para mahasiswa ini juga mengunjungi Kampung Cinaneng, Bogor untuk mempelajari kebudayaan tradisional Sunda.

Kegiatan magang mereka yang sebenarnya dilangsungkan di Palembang tepatnya di PT. Perta-Samtan Gas dimana mereka mengunjungi tempat atau pabrik fraksionalisasi ekstraksi dan ekstraksi gas. Disana mereka mempelajari tentang bagaimana pabrik tersebut bekerja serta bagaimana rencana bisnisnya dan mempelajari tentang induksi keselamatan.  Tempat lain yang mereka kunjungi adalah Nusantara Regas dimana di tempat ini mereka belajar tentang produksi dan distribusi LNG di Indonesia, produksi listrik di Jakarta, transportasi dan regasifikasi LNG serta melakukan tur onshore regasification plant di Jakarta Utara. Kegiatan mereka ditutup pada 11 Juli 2014 dengan melakukan presentasi di depan Kepala Kantor Internasional UI dan Wakil Dekan I FTUI di ruang VIP, Perpustakaan Pusat UI dan ditutup dengan diskusi, pemberian cindera mata serta foto bersama para staf dan LO. (Humas FT)


Back to Top
Back to Home