Gema Ramadhan Emas FTUI - Mendidik Insan Kelas Dunia bersama AL-QUR'AN

Diunggah oleh Humas FT / RGA (2014-07-22)


Tahun ini Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) merayakan ulang tahun emasnya. Pada usianya yang telah mencapai 50 tahun ini, FTUI semakin memantapkan dirinya untuk menjadi salah satu institusi keteknikan terkemuka di Indonesia. Hal ini dibuktikan tidak hanya melalui begitu banyak karya-karya yang dihasilkan oleh sivitas akademika FTUI, baik dosen maupun mahasiswa, tetapi juga bagaimana karya-karya tersebut dapat diabdikan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan lingkungan Indonesia.

Sivitas akademika FTUI tidak hanya mengabdikan diri pada pendidikan dan karya-karya akademika semata. Sebagai ciptaan Allah SWT tentunya tetap perlu mendekatkan diri kepada Sang Maha Pencipta. Bertepatan dengan ulang tahun FTUI yang jatuh di tanggal 17 Juli 2014 dan dengan dukungan penuh dari Forum Ukhuwah dan Studi Islam (FUSI) FTUI, kami menyelenggarakan acara Gema Ramadhan Emas FTUI yang tahun ini mengambil tema Mendidik Insan Kelas Dunia Bersama Al-Qur’an.

Pada tanggal 17 Juli 2014, FTUI mengadakan serangkaian acara yang bernafaskan Islami dan melibatkan seluruh sivitas akademika FTUI dan masyarakat umum di lingkungan sekitar kampus kami. Dimulai dengan acara Olimpiade Quran yang melombakan kemampuan menghapal Al-Qur’an diantara para mahasiswa dan mahasiswi FTUI. Kemudian dilanjutkan dengan FTUI Mengaji, dimana sivitas akademika FTUI berhenti beraktivitas setelah shalat Dzuhur untuk bersama-sama membaca Al-Qur’an di unit kerja mereka masing-masing.

Acara Gema Ramadhan Emas FTUI juga dimeriahkan dengan kehadiran 250 anak yatim yang berasal dari lingkungan sekitar FTUI. Para anak yatim ini berpartisipasi dalam kegiatan Motivasi Qur’an yang diberikan oleh para mahasiswa yang tergabung dalam FUSI FTUI. Sivitas akademika FTUI juga akan memberikan santunan kepada 250 anak yatim yang berasal dari sumbangan para alumni-alumni serta dosen-dosen FTUI. Santunan ini sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas segala anugerah dan karunia yang telah diberikan kepada FTUI dan sivitas akademikanya selama ini.

Pada puncak acara Gema Ramadhan Emas FTUI yaitu Tabligh Akbar, FTUI sangat beruntung karena dapat mengundang Ustad kondang Ustad Shaleh Mahmud (Ustad Solmed) untuk memberikan siraman rohani menjelang berbuka puasa bersama. Acara Gema Ramadhan ini kemudian akan dilanjutkan dengan berbuka puasa bersama, sholat maghrib bersama, makan malam bersama dan diakhiri dengan sholat teraweh bersama. (Humas FTUI)


Back to Top
Back to Home