ITB Entrepreneurship Challenge EXPO 2013

Diunggah oleh Humas FTUI/tk (2013-03-25)


ITB Entrepreneurship Challenge EXPO 2013
"Entrepreneurs, The Way Towards Thriving Indonesia"

IEC EXPO 2013 merupakan salah satu bagian dari rangkaian acara ITB Entrepreneurship Challenge 2013. IEC EXPO bersifat open public dan memiliki empat acara utama, yaitu Start Up Coliseum, Idea Canvas Presentation, Talkshow dan Expo Stand peserta IEC 2012.

IEC Expo akan diselenggarakan pada :
Hari         : Sabtu
Tanggal   : 13 April 2013
Tempat    : Soehanna Hall
                 The Energy Building 2th floor
                 SCBD Lot 11 A
                Jl Jend. Sudirman Kav 52-53
                Jakarta 12190-Indonesia

Tujuan dari acara IEC EXPO ini adalah menginisiasi wawasan masyarakat mengenai isu Entrepreneurship di Indonesia dan mempertemukan para peserta IEC 2013 yang lolos ke tahap E-Camp dengan para investor.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa IEC Expo ini memiliki empat acara utama. Untuk detail masing-masing acara akan dijelaskan berikut ini :


Start Up Coliseum

Acara ini mempertemukan delapan besar team dari lima segmen yang berbeda. Dua team akan "dipertemukan" dalam sebuah mata acara yang berbentuk debat. Sebelum masuk ke dalam sesi debat, setiap team dipersilahkan untuk memperkenalkan team dan produk mereka dalam presentasi singkat. Acara debat ini akan dipandu oleh seorang moderator yang ahli di bidang bisnis, sehingga diharapkan mampu "memancing" kemampuan dan kekuatan dari setiap team. Start up coliseum kemudian akan diakhiri dengan sesi komentar dan pertanyaan yang akan dilontarkan oleh para juri.


Idea Canvas Presentation

Setiap team dari masing-masing segmen akan mempresentasikan hasil konsep bisnis mereka. Salah satu kriteria penilaian untuk presentasi ini adalah peserta diharapkan dapat membuat sebuah bentuk presentasi dalam bentuk yang unik dan semenarik mungkin bagi juri dan masyarakat namun tetap menyampaikan isi pokok bisnis plan mereka. Setelah mereka berpresentasi akan diberikan waktu bagi juri untuk berkomentar atau mengajukan pertanyaan bagi para peserta. Hal ini juga merupakan sakah satu penilaian utama, yaitu bagaimana para peserta benar-benar memahami dan mampu mempertahankan konsep ide bisnis mereka. Dari delapan besar team ini akan didapatkan langsung tiga pemenang yang akan diumumkan pada acara berikutnya yaitu Gala Dinner.

Talkshow

Talkshow pada IEC EXPO akan berfokus pada pembicara seorang public figure yang sudah mulai berbisnis dan cukup diketahui masyarakat, entrepreneur yang pernah mengalami kegagalan dalam bisnisnya, maupun yang memulai usahnya dari nol . Direncanakan akan diisi oleh dua hingga tiga pembicara yang merupakanenterpreuner.

Expo Stand peserta IEC 2013

Selain acara yang berlangsung di atas main stage akan terdapat pula stand-stand dari para peserta Start Up dan panel-panel dari para peserta Idea Canvas. Untuk Stand akan diisi produk atau prototype dari para peserta Start-Up beserta penjelasan secara singkat dan padat mengenai bisnis mereka. Sedangkan untuk panel akan ditampilkan penjabaran konsep rencana bisnis dalam bentuk media tertulis dalam bentuk sekreatif mungkin. Setiap perserta wajib untuk selalu stanby di stand atau panel mereka masing-masing untuk menjelaskan konsep bisnis mereka kepada masyarakat dan investor yang hadir. Kreativitas dalam menyusun stand ini merupakan salah satu penilaian di dalam kompetisi IEC, yaitu market atau product placement, yang merupakan salah satu hal penting yang perlu diperhatikan dalam menjalankan bisnis.

Nah, selain empat mata acara utama, ada spesialisai lain yang akan membuat IEC EXPO ini semakin menarik, yaitu

  1. Opening dan Closing. Opening akan diisi oleh kata sambutan, pengenalan team dari E-Camp secara umum dan acara entertainment. Sedangkan untuk acara Closing akan diisi oleh pengisi acara atau band yang sudah banyak dikenal masyarakat.
  2. Juri yang dihadirkan sebagai penilai tahap Start Up dan Idea Canvas merupakan public figure yang sudah terkenal di dalam bidangnya masing-masing.
  3. Adanya kehadiran Investor yang diundang sebagai tamu kehormatan. Dengan demikian, IEC EXPO dapat dijadikan ajang pertemuan antara entrepreneur muda untuk bertemu dengan para investor tersebut, dalam rangka bertukar pikiran atau mempromosikan bisnis mereka tersebut.

 


Untuk info lebih lanjut silahkan menghubungi :
Desy Natalia (087788747648)

So,
Ready to Challenge Yourself?

"ITB Entrepreneurship Challenge 2013 - Sebuah torehan nyata untuk kemandirian bangsa."


Website: http://iecitb2013.com/

Twitter: @IECITB2013

 


Back to Top
Back to Home