Prosedur Registrasi

Diunggah oleh Humas FTUI/tk (2013-05-08)


  1. Mahasiswa hanya dapat melaksanakan Registrasi Akademik jika telah menyelesaikan persyaratan administratif sesuai batas tanggal yang ditentukan Direktorat Pendidikan Universitas Indonesia.
  2. Bidang Evaluasi Akademik-PAF telah mendapat laporan resmi dari BNI 46, berupa slip pembayaran BOP dan rekapnya.
  3. Bidang Kegiatan Akademik-PAF telah mengirimkan matakuliah yang akan dibuka di semester berjalan ke Puskom FTUI untuk ditampilkan di website 1 (satu) minggu sebelum registrasi akademik.
  4. Bidang Kegiatan Akademik-PAF telah menyiapkan jadwal kuliah dan jadwal ujian (UTS & UAS) di semester berjalan.
  5. Mahasiswa telah memenuhi persyaratan beban studi (sks) maksimal yang ditetapkan oleh Pembimbing Akademik berdasarkan Indeks Prestasi Semester (IPS) pada dua semester terakhir dan didaftarkan pada Formulir Rencana Studi (FRS).
  6. Sesuai butir 3 matakuliah yang didaftarkan pada FRS tidak berbenturan dengan jadwal kuliah, jadwal ujian (UTS & UAS) yang telah ditetapkan. Dan sebagian matakuliah yang diambil harus mengikuti ketentuan matakuliah prasyarat.
  7. Pengaturan beban studi mahasiswa (S1 Reguler) untuk tiap semester secara rinci dapat dilihat pada halaman 9 Pedoman Program Pendidikan Sarjana Teknik (S1 Reguler) 2004 edisi pertama dan Penasehat Akademik mempunyai kewenangan untuk menambah maksimal 2 SKS dari jumlah beban kredit maksimal.
  8. Mata kuliah pilihan yang semula dibuka kemudian ditutup (karena tidak memenuhi jumlah minimal peserta yaitu 10 peserta untuk S1 dan 5 peserta untuk jenjang S2), mahasiswa diberi kesempatan mengganti sks yang hilang akibat penutupan MK paling lambat 1 minggu setelah hari perkuliahan pertama dimulai.
  9. FRS yang ditandatangani PA dikirim melalui Departemen ke Bidang Evaluasi PAF paling lambat pada hari terakhir Registrasi Akademik.
  10. Mahasiswa yang dapat melakukan perbaikan FRS hanya apabila:

    - Data online-nya tidak sesuai lembar cetakan FRS (Form FRS-01) yang telah ditandatangani oleh PA, perbaikan dilakukan melalui Bidang Evaluasi Akademik PAF.

    - Nilai IPS-nya berubah sehingga mengubah batas maksimal pengambilan SKS, perbaikan dilakukan melalui masing-masing Wakadep I (Pendidikan).

    - MK pilihan yang dipilihnya ditutup karena tidak memenuhi syarat minimal pembukaan mata kuliah, perbaikan dilakukan melalui Wakadep I (Pendidikan) untuk mengganti MK pilihan tersebut.

  11. Semua mahasiswa diwajibkan memeriksa FRS secara on-line setelah masa registrasi akademik berakhir untuk memastikan kebenaran MK yang diambil.
  12. Bila sampai batas waktu Registrasi Akademik berakhir mahasiswa belum melakukan perwalian maka yang bersangkutan dianggap terlambat dan dikenakan denda Rp. 50.000,-/hari kerja. Pembayaran dilakukan melalui PAF.
  13. Untuk verfikasi hasil registrasi akademik setiap mahasiswa harus mengambil FRS Final (Form FRS-02) di konter Layanan Informasi PAF 2 (dua) minggu sebelum Ujian Tengah Semester dimulai.
  14. FRS Final pada butir 13 dipergunakan sebagai salah satu syarat mengikuti ujian.


Back to Top
Back to Home