Ikatan Mahasiswa

Diunggah oleh Humas FTUI/tk (2013-10-31)


Ikatan Mahasiswa Arsitektur

 

IMA adalah organisasi eksekutif di dalam departeman arsitektur UI. Pada kepengurusan IMA 2011 kali ini diketuai oleh Nicky Putra Perwira, dengan membawa visi "terwujudnya IMA yang Totalitas Bermanfaat'. Di dalam kepengurusan IMA terdapat beberapa bidang, yaitu Kestari, kebendaharaan, Litbang, Pendidikan,Sosial Masyarakat Kemahasiswaan, Hubungan Masyarakat dan Minat Kreasi. 

Setiap tahunnya, IMA memiliki acara dan kegiatan baik internal departemen maupun eksternal departemen. Acara internal diantaranya adalah Jumsen (Jumat Seni), SA (Sunday Ars), PSB (Pelepasan Sarjana Baru).  Sedangkan, acara eksternal diantaranya ekskursi dan Arch UI FAIR. Ekskursi merupakan kegiatan dimana mahasiswa pergi ke suatu daerah untuk mengeksplorasi arsitektur dan kebudayaan di daerah tersebut dan rutin dilaksanakan tiap tahun. Sedangkan Arch UI Faor merupakan kegiatan yang ditujukan untuk memperkenalkan departeman arsitektur UI itu sendiri ke masyarakat luar, dimana karya-karya studio mahasiswa dipamerkan ke publik. Selain itu ada juga Archicare, Acara ini merupakan kegiatan sosial, dimana mahasiswa mendatangi sebauh panti untuk berbagi dengan anak-anak yatim piatu.

 

Ikatan Mahasiswa Elektro

 

Ime merupakan organisasi mahasiswa Departemen Elektro, dimana IME memiliki Visi dan Misi diantaranya :

Visi

Menjadikan IME FTUI sebagai wahana kemahasiswaan yang bermanfaat dengan berlandaskan pada nilai-nilai dan kekeluargaan menuju DTE FTUI yang sinergis dan berprestasi. (To make IME FTUI as a beneficial student's means based on scholarly and kinship toward a synergy and performative DTE FTUI)

MISI

  1. Mengkondisikan iklim kemahasiswaan yang sarat akan nilai-nilai keilmuan.
  2. Membangun kepengurusan yang profesional, aspiratif, dan efektif.
  3. Merangkul seluruh komponen DTE FTUI untuk membangun basis kemahasiswaan yang kuat 
  4. Mengoptimalisasi fungsi pelayanan lembaga dalam pengembangan potensi mahasiswa.

 

Ikatan Mahasiswa Mesin (IMM)

Ikatan Mahasiswa Mesin merupakan lembaga eksekutif yang memfasilitasi, melayani dan mengembangkan kegiatan-kegiatan bagi mahasiswa Departemen Teknik Mesin Universitas Indonesia yang berasal dari dua program studi yaitu Teknik Mesin dan Teknik Perkapalan.

Kegiatan-kegiatan yang dimaksud adalah pada bidang pendidikan, sosial, kreasi mahasiswa, dan terutama ilmu pengetahuan dan teknologi.

Program kerja unggulan IMM antara lain :

  1. Mechanical Fair
  2. Biomedical Engineering Day
  3. Lomba Karya Mahasiswa Mesin (LKMM)
  4. Vehicle Emmision Test
  5. Naval Day

Selain itu IMM Juga mewadahi beberapa klub kegiatan mahasiswa Departemen Teknik Mesin, seperti :

  1. Klub Hydromodelling & Workshop
  2. Klub Gokart
  3. Klub Aeromodeling
  4. Klub Robotic
  5. Klub Water Rocket

Ikatan Mahasiswa Metalurgi (IMMT)

IMMT merupakan wadah organisasi mahasiswa Departemen Teknik Metalurgi, dimana IMMT memiliki visi dan misi, diantaranya :

Visi

Sebagai pusat unggulan kegiatan pendidikan dan penelitian di bidang teknik metalurgi dan material

Misi

Menghasilkan lulusan berkualitas tinggi dengan dasar akademik yang kuat, berkemampuan komprehensif dalam teknologi proses enjiniring material serta mampu berperan aktif dan dinamis dalam komunitas nasional, regional, maupun internasional.

 

Ikatan Mahasiswa Program Internasional

Program internasional di Fakultas Teknik Universitas Indonesia pertama kali diadakan di tahun 1999. Baru pada tahun 2003, para mahasiswa Program Internasional FTUI ingin menciftakan sebuah badan kemahasiswaan yang mampu menyampaikan aspirasi mahasiswa Program Internasional dan mencftakan hubungan dengan keseluruhan Fakultas Teknik itu sendiri. Keinginan itu terwujud dalam IMPI. Hingga kini, IMPI adalah sebuah organisasi kemahasiswaan aktif yang ada di FTUI. Meskipun terhitung muda dan baru, IMPI tetap menjalankan kegiatan-kegiatan yang ada secara maksimal. Saat ini IMPI 2011 dipimpin oleh Laksamana Gusti Handoko, Teknik Sipil Program Internasdional 2010 dan semua pengurusnya dari angkatan baru. Dengan kepengurusan yang dipegang sepenuhnya oleh mahasiswa baru dan setiap tahunnya dan terbentuk dari berbagai macam jurusan yang ada di FTUI. IMPI adalah badan mahasiswa yang aktif dan kontributuf dalam kehidupan di Fakultas Teknik Universitas Indonesia.

 

Ikatan Mahasiswa Sipil (IMS)

Ikatan Mahasiswa Sipil adalah organisasi yang menaungi mahasiswa-mahasiswa Departemen Teknik Sipil. Lembaga IMS berperan sebagai fasilitator kebutuhan kemahasiswaan dalam bidang akademis mahasiswa, kesejahteraan mahasiswa, bidang keilmiahan, dan juga bidang seni dan olah raga. Lembaga IMS memiliki tujuan mewujudkan mahasiswa-mahasiswa Departemen Teknik Sipil menjadi orang-orang yang unggul di bidang akademis maupun non akademis dan siap untuk menempuh kehidupan pasca kampus. Proker unggulan adalah seminar nasional, Civil Night, beasiswa mandiri dan liga Sipil.

http://ims.eng.ui.ac.id


Ikatan Mahasiswa Teknik Industri (IMTI)

IMTI adalah wadah organisasi mahasiswa Teknik Industri, dan merupakan suatu organisasi kemahasiswaan yang dekat, solid, dan kontributif dengan berlandaskan pada profesionalisme dan kekeluargaan. IMTI Memiliki Misi adalah :

  1. Membuka ruang, menampung, menyaring, dan menyalurkan aspirasi secara dinamis guna mempererat hubungan IMTI dan warga Teknik Industri UI.
  2. Mengingkatkan profesionalisme kerja dan sinergis bidang guna mengotimalkan kinerja IMTI.
  3. Meningkatkan kepekaan IMTI terhadap kondisi lingkungan sekitar, baik internal teknik, maupun eksternal.
  4. Meningkatkan fungsi pelayanan dan pembinaan akademik dan non akademik terhadap warga secara menyeluruh, konsisten, dan berkesinambungan.
  5. Ikut memberikan kontribusi positif dalam pengembangan keilmuan Teknik Industri

 

Ikatan Mahasiswa Teknik Kimia (IMTK)

IMTK adalah organisasi yang menaungi mahasiswa-mahasiswa S1 Departemen Teknik Kimia. Lembaga IMTK mempunyai peran sebagai pihak yang memfasilitasi kebutuhan kemahasiswaan dalam bidang akademis mahasiswa, kesejahteraan mahasiswa, bidang keilmiahan, dan juga dibidang olah raga dan seni. Lembaga IMTK mempunyai mimpi untuk mewujudkan mahasiswa-mahasiswa yang termasuk dalam keanggotaan IMTK menjadi orang-orang yang mempunyai keunggulan dibidang akademis maupun non akademis dan siap untuk menempuh kehidupan pasca kampus.



Back to Top
Back to Home