P3LB Arsitektur

Diunggah oleh Humas FTUI/tk (2013-06-04)


PUSAT PENELITIAN PERANCANGAN LINGKUNG BANGUN (P3LB)

DEPARTEMEN ARSITEKTUR
FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS INDONESIA



Latar Belakang
Pusat Penelitian Perancangan Lingkung Bangun (P3LB) Departemen Arsitektur Universitas Indonesia adalah sebuah lembaga pada tingkat Departemen yang kegiatannya melakukan penelitian dan perancangan di bidang arsitektur khususnya, dan lingkung bangun pada umumnya.  Kegiatan ini didasarkan atas potensi yang dimiliki oleh Departemen Arsitektur dan kesempatan yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan ilmu dan teknologi yang dibutuhkan untuk menunjang  proses pendidikan dan pengajaran di Departemen Arsitektur. P3LB sekaligus merupakan jawaban atas visi dan misi yang diusung Universitas Indonesia saat ini untuk mengembangkan ventura di lingkungan Universitas Indonesia. 

Pada dekade sebelumnya, kegiatan yang bersifat ventura sudah menjadi bagian dari Pengabdian pada Masyarakat (P2M) Departemen Arsitektur FTUI yang adalah juga merupakan salah satu dari Tri Darma Perguruan Tinggi. Potensi yang dimiliki staf pengajar Departemen Arsitektur di bidang P2M sudah terbukti dapat memberikan sumbangan keilmuan maupun materi yang tidak sedikit. Pengalaman empiris di dunia arsitektur dan lingkung bangun para staf pengajarnya, baik secara individu maupun kelompok (tim), menjadi umpan balik yang sangat berharga bagi pengembangan pendidikan dan pengajaran di Departemen Arsitektur.  

Di era sekarang, P3LB dikembangkan menjadi sebuah Unit Usaha di tingkat Departemen Arsitektur yang in-line dengan visi dan misi Universitas Indonesia untuk ikut serta dalam meningkatkan kesejahteraan staff pengajar dan karyawan melalui potensi dan kemampun yang dimiliki civitas academikanya. Dalam hal ini P3LB menjadi sarana yang mengelola secara professional baik administratif maupun teknis pelaksanaannya di lapangan. Oleh karena itu juga peran P3LB menjadi sangat penting di dalam mengakomodasi sinergi dari potensi yang dimiliki di Departemen Arsitektur sekaligus juga mengintegrasikan kekuatan yang ada. Dalam menyelesaikan persoalan-persoalan yang lebih besar atau kompleks, Departemen Arsiektur dapat bekerjasama dengan beragai disiplin ilmu lain baik di tingkat Fakultas maupun Universitas. 

Fungsi dan Tujuan
Sesuai dengan Rencana Strategis Universitas Indonesia (Renstra UI 2007 - 2012), P3LB berfungsi sebagai unit kegiatan yang menyediakan, menampung dan mengkoordinasikan seluruh potensi sumberdaya yang dimiliki Departemen untuk tujuan meningkatkatkan pendapatan Departemen Arsitektur melalui kegiatan penelitian, pelayanan kepada masyarakat dan ventura komersial/penunjang. 

Tugas Pokok
Sesuai dengan latar belakang, fungsi dan tujuannya, maka kekhususan bidang kerja P3LB adalah perancangan arsitektur bangunan pada khususnya dan lingkung bangun pada umumnya.
Untuk mencapai tujuan tersebut diatas, maka tugas P3LB Departemen Arsitektur a.l adalah:

  1. Mengoptimalkan kemampuan Staf Pengajar dan karyawan dalam menerapkan ilmu dan pengetahuannya untuk tujuan yang dapat menghasilkan pendapatan, baik secara individu maupun kelompok melalui kegiatan penelitian, pendidikan, maupun pelayanan kepada masyarakat.
  2. Mengoptimalkan dan mengembangkan unit-unit laboratorium Departemen Arsitektur sehingga dapat berfungsi  tidak hanya sebagai penunjang pendidikan dan penelitian, akan tetapi juga menjadi laboratorium yang memiliki nilai jual bagi industri, masyarakat luas dan stakeholder lainnya.
  3. Meningkatkan kerjasama dengan pihak/instansi lain baik di lingkungan Universitas Indonesia maupun di luar Universitas Indonesia.
  4. Memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam bentuk kursus-kursus, pelatihan, atau kegiatan lain yang dapat menguntungkan ke dua belah pihak.


Bidang Kajian P3LB
Berangkat dari latar belakang, tujuan dan pengalaman professional maupun edukatif seluruh staf pengajarnya, P3LB Departemen Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Indonesia memiliki kemampuan untuk menyusun program pelayanan dalam bidang pengkajian, perencanaan, desain dan pelatihan guna menciptakan hasil atau produk yang berkaitan dengan bidang pelayanan tersebut. Program tersebut dikelompokkan dalam beberapa bidang kajian yang meliputi:

  1. Kajian Pengembangan Kawasan Permukiman dan Perumahan
  2. Kajian dan Perencanaan Tata Ruang Kota dan Wilayah
  3. Kajian dan Perencanaan Tata Bangunan dan Lingkungan
  4. Kajian Pengembangan Kawasan dan Bangunan Cagar Budaya
  5. Kajian Strategi Presentasi Multimedia, Komunikasi Visual dan Maket
  6. Laboratorium Pengujian Bahan Bangunan *)
  7. Laboratorium Pengujian dan Teknologi Façade *)
  8. Pelatihan Teknologi Facade
  9. Penyelenggaraan Jasa Sayembara


*). Dalam perintisan

 


Back to Top
Back to Home